Kamis, 18 Maret 2010

WolframAlpha Search Engine Alternatif


Bila Anda sedang melakukan pencarian terkait topik-topik ilmiah di Internet, ada satu mesin pencari baru yang dapat membantu Anda. WolframAlpha merupakan search engine yang fokus pada pencarian tema-tema ilmiah.
Tips Proyek WolframAlpha (www.wolframalpha.com) merupakan suatu proyek besutan fisikawan Stephen Wolfram. WolframAlpha merupakan search engine yang memfokuskan pada pencarian tema ilmiah. Mesin pencari ini tidak menampilkan hasil pencarian berupa website-website terkait dengan kata kunci pencarian. Sebaliknya, ia akan menjawab query pencarian user dengan menampilkan data terstruktur yang faktual terkait dengan query tersebut. WolframAlpha menyediakan informasi yang ditampilkan secara terstruktur, komprehensif, serta dilengkapi dengan grafik dan tabel untuk sejumlah pencarian.

Sebagai contoh, misalnya Anda memasukkan query pencarian dengan kata kunci ‘Jakarta’. Bukannya menampilkan hasil berupa alamat-alamat link website yang berkaitan dengan Jakarta, Wolfram­Alpha akan menampilkan data-data faktual. Data ini mencakup informasi tentang Jakarta seperti jumlah populasi, keadaan cuaca, lokasi, serta koordinat di peta dan sebagainya. Data-data faktual ini dibuat untuk membantu dalam kegiatan ilmiah.

0 komentar:

Posting Komentar